Apa yang menarik kota kudus soal kuliner?

Apa yang menarik kota kudus soal kuliner?

Kota kudus
Yang unik adalah makanan khas bernama

Yang pertama adalah
Garang Asem

Garang asem sudah ada sejak tahun 1970. Wah sudah lama bgt guys, selama hubungan kita, eaaak hahaha
garang asem murapakan Asal purwodudadi tapi makanan ini popular di kota kudus, dan ngehits sampai pak mantan presiden pak sby sering mampir kesini loh.
Menariknya dari garang asem adalah rasa yang nagih, dengan cabe rawit yang membuat rasa pedas yang lebih segar yang menyengat di banding jenis cabe lainya.

Tau ngga guys di warung ini  perhari bisa mengabiskan 40kg perhari. Wah kebayang ngga sih betapa banyaknya cabe disini, bagi yang suka masakan pedas disinilah tempatnya. Ada yang beda dari mengolah cabe yaitu Cabe di giling dengan mesin terlebih dahulu kenapa begitu? biar tahan ngga panas saat di konsumsi. Semua bumbu di campur dengan kaldu putih di masukan kedalam telungkupan daun pisang kemudian dengan campur daging ayam. Baru kemudian di bungkus perporsi dengan daun pisang.

Dengan menggunakan daun pisang aroma garang asem akan terasa lebih keluar lagi yang mana akan menggugah selera makan saat di sajikan. Garang asem  di kukus di dapur 3 jam hingga 4 jam, setelah selesai di kukus garang asem siap di hidangkan.


Yang Kedua  Adalah


Gurame bumbu rujak. Masakan ini menggunakan Ikan  Gurame dengan bumbu rujak lo guys, bumbu rujak dengan asam manis pedas. Bukan menggunakan bumbu gurame yang pada umumnya . disini dengan memilih  bukan Gurame biasa, tapi dengan ikan gurame organis yang lebih sehat.  Apalagi dengan bumbu rujaknya yang terpopuler di jawa tapi terkenal di seluruh asia.

Yang Ketiga Adalah


Wedang Cemol. Wedang itu sebuah minuman yang ya guys, bukan es atau adem. Wedan Cemol salah satu Minuman yang sehat lo guys, minuman yang kental dari tradisi jawa, terutama solo tapi di kudus juga populer.

Dengan jahe merah, sampai direbus sampai warna air kecoklatan dan matang. Kemudian  Masukan daun pandan kedalam rebusan air,kemdian Daun Sere. Daun Jeruk. Kayu Manis. Semanis kamu hehe. Gula merah. Dan Gula putih. Kemudian air mendidih di rebus sekitar satu jam. lalu Hidangan di campurkan Nata deccoco, kismis, kacang sangria, dengan menghasilkan aroma yang wangi, dan memberikan badan jadi hangat.

Yang ke Empat Adalah


Sate, bukan Sate Ayam, Sapi,atau Kambing, bukan juga Sate Madura tapi Sate Kerbau, kenapa Cuma hewan kerbau? karena menyembelih sapi tidak di sarankan di masyarakat kota Kudus untuk menghormati kaum Hindu sebagai toleransi pada zaman sunan kudus. Dan toleransi itu terpelihara sampai sekarang dengan baik. mereka yang biasanya menyembelih hewan ayam dan kambing, mereka cenderung malah memilih kerbau.

Tau ngga gauys daging kerbau jelas berbeda dengan sapi, dari khas daging kerbau dengan rasa yang lebih kenyal teksturnya, seratnya lebih berasa di lidah dan nikmatnya lagi dengan sambal kacang.
Oiya guys, Kalau mau kesini jangan siang hari, karena penjual dari pagi sampai siang, dan sore sampai malam. Mengapa siang tidak ada? karna pada siang hari pesanan sudah habis,hehe   jam 9 pagi aja udah abis bagaimana bisa siang bisa mampir.


Yang Ke Lima Adalah


Soto Kerbau, soto sama pada umumnya Cuma dagingnya menggunakan hewan Kerbau saja.



Yang ke Enam Adalah



Pindang Kerbau. Seringkali Pindang itu identik dengan ikan tapi sebenarnya adalah cara memasaknya dengan metode pindang. Pindang ini sama dengan soto, yak Sama sama ber kuah, tapi berbeda dengan piring, bukan mangkok seperti soto.
Manfaat daging Kerbau lebih unggul guys, rendah lemak, lebih murah dari daging sapi, walau tekstur dagingnya hampir sama dan rasa hampir sama.kandungan Kalsium dan Zat Besi lebih besar guys.

Siapa bilang di kudus Cuma ada tradisonal doank? Banyak kok tempat kuliner yang ngehits. Salah satunya adalah CafĂ© di jalan patimura, kudus.  Rekomendasi mimin cicipin mozalonaise.

 Atau Mau menu yang manis manis, coban paflafoka. 

1 komentar: