Menjadi lebih sehat dari Dinkes Kota Semarang

Menjadi lebih sehat dari Dinkes Kota Semarang


Pada kesempatan kali ini mas den akan mengulas tentang kesehatan, yang di sampaikan langsung dari dinas kesehatan Kota Semarang. Yang pertama adalah di sampaikan langsung dari kepala puskesmas Halmahera, tau kan dimana tempatnya? Yap, di jalan Halmahera no 39 semarang. Kelurahan karangtempel semarang.

Nah pada pertemuan pertama beliau menyampaikan tentang pelayanan puskesmas Halmahera, ada apa saja di tempat ini, apakah Cuma berobat dan periksa begitu saja? Mari kita simak berikut ini guys.

Berikut Layanan No:

 1.  Layanan Poli umum
    2. Layanan Poli gigi
    3. Layanan Poli KIA/KB
    4.  Layanan Imunisasi
    5.  Layanan Sanitasi
    6.  Layanan Poli MTBS
    7.  Layanan pemeriksaan laboratorium
    8.  Layanan Pojok Gizi
    9.  Layanan Klinik laktasi
   10. Layanan Poli lansia
   11.   Layanan Poli IMS/HIV AIDS(VCT)
   12.   Layanan Rawat Inap Persalinan dan       kandungan
   13.   Layanan Rawat Inap Umum
   14.   Layanan Kamar Obat

Wah…  kebayang kalo tempatnya pasti luas dan besar, melihat dari berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan pelayanan yang cukup banyak.
Ngga Cuma itu doank guys, tapi ada ambulan gratis dari pemerintah kota semarang yaitu bernama ambulan hebat, jadi ambulan ini melayani selama 24 jam dimanaun berada dan kapanpun selama masih daerah kota semarang.

ambulan hebat gak Cuma satu guys, masa iya masyarakat semarang yang begitu banyaknya jutaan penduduk cuman satu, kan ngga lucu. Tapi ambulan ini sementara hanya ada 5 unit mobil ambulan, harapan kedepanya mungkin akan di tambah lagi.

Lalu dimana saja kah ambulan titik mulai operasinya?
      1.       Ambulan berada di puskesmas Halmahera
      2.       Ambulan berada di srondol
      3.       Ambulan berada di pandanaran
      4.       Ambulan berada di karangmalang    
      5.       Ambulan berada di bangetayu


Nah jadi apa bila kalian benar-benar darurat membutuhkan ambulan telfon saja 1500 132. Ambulan hebat ini di resmikan pada tanggal 17 januari 2017, pemkot berharap ambulan ini dapat digunakan masyarakat dengan baik. tau ngga guys? Ambulan sejak di luncurkan perhari sudah mendapatkan banyak laporan aduan, rata-rata 5 samapai  aduan.

Ambulan ini sifatnya kegawatan darurat dan bebas biaya. Dan selama sebulan ambulan menerima laporan aduan kurang lebih 40 aduan untuk membawa pasien.

Lalu setelah mendapatkan mobil ambulan kemanakah akan pergi? Ambulan pergi merujuk kerumah sakit dan bisa menyesuaikan permintaan pasien. Sederhana bukan?
Tapi ingat ya, ambulan ini hanya untuk kegawat darurat, misalnya kecelakaan parah, patah tulang, harus penanganan cepat.dan lain-lain.

Nah Setelah mendapatkan materi dari puskesmas  melihat lingkungan dan berbagai pelayanan di ruangan, kami melanjutkan ke hotel wujil di ungaran, ets….. tapi ada kesempatan foto bersama sebelum meninggalkan puskesmas Halmahera.hehe

Begitu tiba di hotel the wujil resort and convention kami foto2 kece bersama-sama,haha abis tempatnya kece badai sih. Sesudah sholat duhur makan siang, kami lanjut ke acara Germas, gerkan masyarakat, jadi gerakan ini di tunjukan masyarakat sekitar kita untuk sehat dan semakin sehat. Duduk manis di meja bundar di dalam ruangan, semuanya berkumul mendengarkan apa yang mereka sampaikan dari dinas kesehatan kota semarang.

Oke baik, acara sudah di mulai dan berjalan dengan baik, disitu aku mendapatkan ilmu yang luar biasa tentang kesehatan dan ada point penting bagi saya. Yatu:

CERDIK. Apa itu Cerdik? Cerdik bukan saat ibu-ibu belanja sepatu seharga 100ribu tapi malah menggukan kartu kredit supaya dapat diskon.hehehe
Nah Cerdik disini soal kesehatan adalah

Cek kesehatan secara rutin,( jadi periksa kesetahan anda secara berkala mungkin sebulan sekali atau beberapa minggu sekali )

Eyahkan asap rokok, ( jadi hindari di lingkungan perokok itu tentu bahaya walau bukan menjadi perokok karena asapnya bisa terhirup )

Rajin beraktivitas fisik, ( jadi aktivitas fisik ngga Cuma nyapu nyuci bergerak di dalam rumah tapi oalahraga yang tepat seperti jogging, senam, yoga, sepeda )

Diet seimbang,( jadi diet ngga Cuma kaum wanita guys, tapi laki-laki itu perlu dengan cara mengurangi porsi makan atau menyeimbangkan pola makan baik gizi masuk atau keluar )

Istirahat yang cukup, ( jadi istirahat malam itu kurang lebih 6 jam dan siang kurang lebih 1 jam )

Kelola stress, ( jadi stress itu harus di jaga dengan cara apa yang kita sukai missal hoby olahraga dan masih banyak lainya )

Tulisan diatas adalah cara menjadi hidup sehat dari gerakan masyarakat sehat.
Kalo aku pribadi sih hidup sehat ngga cuman menjalankan perintah doank tapi juga menjaga diri, menjaga perilaku, missal kita sudah minum obat batuk tapi masih saja sering minum es dan makan sembarangan, nah perilaku diri kita itu penting juga guys, mau sehat jangan Cuma mengandalkan obat tapi perilaku.

Kemudian yang terakhir adalah mewujudkan Germas, tadi kan menjadi, nah kali ini mewujudkan dan just action. Jadi sehat ngga cuman sehat doank tapi perlu di tingkatkan, lalu bagaimana cara meningkatkan?

 1.       Peningkatan aktivitas fisik, olahraga rutin guys, jangan males-malesan atau jangan berhenti alasan apapun, olahraga itu bukan hanya kebutuhan tapi gaya hidup.

    2.       Peningkatan perilaku hidup sehat, jadi sikap kita itu perlu yang sehat, melakukann kebaikan yang    sehat, menjaga diri dari sikap-sikap yang ngga penting, dan berpositif thingking.

   3.       Penyediaan pangan sehat dan percepatan gizi, jadi asupan gizi yang masuk itu perlu di    perhatikan,  seperti kalori, karbohidrat, protein,zat besi, dan sebagainya.

   4.       Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, jadi kita sikap mencegah itu di tingkatkan.

    5.       Peningkatan kualitas lingkungan, jadi lingkungan itu memang bersih tapi perlu di lebih bersihkan        dan terus di tingkatkan.

   6.       Peningkatan edukasi hidup sehat, nah jadi ini kesadaran masyarakat itu perlu dengan cara kita    berbagi soal hidup sehat, beramal ilmu itu sangat baik lo guys, amalin ilmu ke saudara, tetangga,  keluarga, atau kerabat lainya.

Nah demikian adalah yang di sampaikan dari bapak widoyono.mph Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, acara Germas dari dinas kesehatan kota semarang. Sehat!!!!! Bugar!!!! Produktif!!!!!

Pada kesmpatan artikel saya kali ini 900san kata, harapan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semuanya, dan apa bila ada salah kata mohon di maafkan, terimakasih sudah membaca salam sehat dan sejahtera.   

4 komentar:

  1. Terima kasih informasinya bermanfaat, ayo banyak typo nya, perbaiki lagiii hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak dewi rieka, duh terima kasih banget udah di kasih masukan.hehe aku menemukan 4 kalimat ternyata. Maklum nulisnya menjelang tidur jadi kurang fokus.

      Hapus
  2. Hahaha mba Dedew fokusnya sama typo :D tapi emang ga enak bgt sih kalau sadar tulisan yang kita baca itu typo ...
    Anw, thanks informasinya jangan lupa pesen dari mamak Dedew ya :D

    BalasHapus
  3. Nuzathul ussak.hehe thank you sudah mampir... Iya nih typo itu bikin malu-malu kucing.wkwk sudah kukoreksi ada 4 ternyata.haha

    BalasHapus