bukakden.com

bukakden.com

Media Sosial Membuat Saya Semakin Bangga Menjadi Bangsa Indonesia


Sebagai seorang Traveller dan Pendaki, saya bangga menjadi bangsa Indonesia, dimana saya bisa menikmati tempat wisata yang tidak kalah keren dari negara lain, seperti Gunung Slamet yaitu Gunung tertinggi di Jawa Tengah ketinggianya 3428 Meter dari permukaan laut, dan kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru ketinggian 3626 Meter dari permukaan laut, di Jawa Timur,



         Foto : Saya Di Gunung Slamet Jawa Tengah

ada hal lain yang menjadi saya semakin bangga menjadi warga Indonesia, ketika saya pergi jauh keluar kota atau luar Provinsi termasuk Traveling, saya tidak lupa membawa salah satu maha karya milik Indonesia seperti kain Tenun dan Batik, mengapa bangga memakai Batik atau Tenun? jika orang lain mengatakan kuno, alay dan tidak kekinian, justru saya semakin semangat dan bahagia,


karena saya bisa mengedukasi bagaimana karya anak bangsa ini mendunia, bagaimana kain ini memiliki ciri khas yang tidak bisa dibandingkan dengan yang lain, berbeda tapi perbedaan karya ini menjadi semakin indah seperti pelangi yang warna berbeda namun indah, bayangkan jika pelangi warnanya sama akan tidak jadi indah bukan?

maka saya menghabiskan sisa umurku untuk tidak berhenti bagaimana terus bangga menjadi bangsa Indonesia melalui hobi saya Traveling, mengunjungi banyak daerah dimana budaya sangat beragam, memiliki bahasa sangat beragam, agar budaya dan bahasa terus di lestarikan, dan tentunya saya membagikan pengalaman traveling melalui sosial media, karena buat saya memiliki dampak besar bagi bangsa bangsa Indonesia.

lantas apa yang membuat saya semakin bangga terhadap negara melalui media sosial? bangga dong, masa tidak? nah disitu saya bisa bisa membagikan pengalaman menarik ketika traveling, membagikan pelajaran penting untuk orang lain, seperti betapa kokohnya kita jika terus bergotong royong, rukun antar suku dan agama, menjaga budaya dan bahasa, menjaga kelestarian alam, menjaga keharmonisan antar golongan agar supaya tidak luntur.

saya jadi teringat kemarin pada tanggal 09 Oktober 2021, ketika Bapak Budi Muliawan, S.H,.M.H. Selaku Kepala Bidang Pemberitaan Dan Hubungan Antar Lembaga Sekretariat Jenderal MPR RI mengatakan dengan hadirnya percepatan digital dan sosial media jangan sampai luntur rasa bangga kita terhadap Indonesia, di acara Gathering bersama netizen di Hotel Ibis, kota Semarang dengan tema Proud to be Indonesia "Bijak Bermedia Sosial Dalam Mewujudkan Karakter Bangsa" dan di dampingi oleh Ibu Siti Fauziah, S.E., M.M. Selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat Dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR RI.


       Foto : Gathering Netizen & MPR RI

 
Hadirnya percepatan teknologi membuat sebagian masyarakat terkadang mengarah ke Barat dan K-Pop, untuk itu dalam menggunakan teknologi terutama sosial media untuk terus tumbuhkan rasa bangga terhadap Indonesia mewujudkan karakter kebangsaan, jangan-jangan selama kita memakai teknologi rasa bangga terhadap negara ini luntur, maka untuk anak-anak muda terutama generasi millenial yang memiliki pengaruh besar dalam menggunakan media sosial, ayo tanamkan nilai-nilai kebangsaan,

kita patut bersyukur karena kita merdeka itu bukan diberi, tapi berjuang bersama-sama, ini yang membedakan kita dengan negara lain, kita setidaknya menyimpulkan bahwa kita itu bangsa pejuang, selain dari nenek moyang kita seorang pelaut, setidaknya kita sadar bahwa kita sudah terbukti sampai sekarang hingga detik ini.

contoh sampai saat ini negara kita mengalami Covid-19 terbukti ketika ini terjadi semua elemen masyarakat, ibu-ibu bapak-bapak, anak muda masyarakat bergotong-royong untuk menyelesaikan masalah masalah ini, vaksin dijalan oleh pemerintah, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tapi dibantu beberapa elemen masyarakat dengan percepatan vaksin, bagikan masker, berbagi sembako, saling mengulurkan tangan, membantu memberikan dukungan satu sama lain, memberikan semangat optimis bahwa kita mampu melewati ini semua karena berkat gotong-royong.

itu kan sudah menandakan bahwa kita adalah terbiasa jadi bangsa yang berjuang, tangguh dan bergotong royong, tanpa harus di dikte, tanpa di paksa, tanpa diperintah oleh orang lain, itu semua berawal dari kesadaran moral pemahaman bersama, sehingga jadi Indonesia tangguh Indonesia tumbuh, itu semua meyakinkan kita bahwa kita merdeka karena berjuang, bukan diberi.

Maka setidaknya kita adalah bangsa petarung, bangsa pejuang yang bisa di terjemahkan oleh netizen bijak menggunakan sosial media, bisa sampai generasi ke generasi selanjutkan bahkan menjangkau ke seluruh element, menjelaskan ciri khas kenegaraan kita, kebangsaan kita, ciri khas bahasa bagaimana kita terus bangga kepada negara kita, artinya dengan bangga kita bisa menyampaikan dengan sesuatu yang positif.

Positif artinya kita terus tumbuhkan rasa bangga terhadap Indonesia, positif bermedia sosial, jangan sampai ke arah provokatif, hoax, intoleransi yang membuat kita jadi luntur rasa bangga terhadap Indonesia yang sudah terbukti kuat ini.


Foto : Erina , Asmari, saifuden, Nyipenengah, wahyude.

jadi itulah beberapa peran penting saya dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang bangga dan berkarakter kebangsaan, jadi apa peran kamu hingga saat ini sebagai warga yang bangga terhadap negara kita Indonesia tercinta?





Tidak ada komentar