bukakden.com

bukakden.com

Alam Purba Yang Belum Di Jamah, Curug Semawur, Kab. Kendal

Curug Semawur, kecamatan Plantungan, kanupaten kendal.

Merupakan daerah kecamatan terpencil di kabupaten Kendal, siapa sangka di balik keindahan desa terpencil ada surga tersembunyi yakni Curug Semawur, kalian juga bisa temukan melalui google maps. 

Curug Semawur dibagi menjadi dua daerah, antara kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, letaknya di lereng gunung Prau, yang terkenal dengan keindahan view terindah di Dieng, 
Untuk menuju kesini akses hanya menggunakan roda dua, parkirpun kita di masjid warga jadi kita ijin terlebih dahulu, akses jalan yang sudah bagus menggunakan aspal dan beton membuat saya tidak mengurungkan niat ke destinasi, sesampai parkir kita berjalan kurang lebih satu jam, sedikit menanjak, bebatuan dan tanah, tapi dominan tanah bahkan kita akan 5 kali menyebrangi sungai jadi harus pakai alas kaki yang rigid supaya tidak selip. 



Tiket masih belum ada, harapan saya destinasi bisa di kelola warga setempat di edukasi oleh pemda, mengingat jarak Dari parkiran kurang lebih 3km tracking buat saya ya tidak terlalu pendek atau tidak terlalu jauh. 

Sepanjang jalan tracking kita di suguhi pemandangan melihat kebun kopi, cengkeh, dan pinus, menurut saya sebagian hutan di sini masih alami dan jarang di jamah wisatawan, karena saya kemarin memiliki teman yang tinggal pemukiman dekat dengan Curug tersebut. 

Untuk menempuh dari pusat kota menuju ke parkiran destinasi memakam waktu kurang lebih satu jam, tanjakan dan turunan tidak ada yang menakutkan karna tidak terlalu curam dan terjal, ets tetapi suhu disini cukup ekstrim loh, bahkan air pun juga dingin sekali, seperti layaknya di dieng, karna destinasi di lereng gunung Prau. 
Sebelum ke parkiran kita akan menuju desa terakhir namanya Desa Blumah, kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal, ketinggian diatas 1000 mdpl. Waktu tracking saya berjalan kurang lebih satu jam dan menghabiskan saya berfoto-foto dan makan cemilan disana dengan membawa sampah, kurang lebih satu jam setengah, setelah itu saya turun kembali ke parkiran memakan waktu kurang dari satu jam. 

2 komentar:

  1. Indah banget curugnya mas, 3km yaa termasuknya deket itu.. Rjj 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kpn balik sinih? Nnt ku ajakin yg 1kilo aj den

      Hapus